Loading...
Sunday, July 12, 2015

1 Tahun Kuliah Kerja Nyata

KKN itu adalah itu masa-masa yang dapat mengubah kepribadian kita 180 derajat


11 Juli kemarin merupakan hari peringatan satu tahunnya pelaksanaan KKN tahun 2014. Aku mengenangnya via path yang aku posting otomatis di facebook juga. Supaya lebh afdol, aku akan bercerita agak panjang tentang hari pertama KKN di blog ini.

11 Juli 2014 sudah ditentukan oleh pihak universitas sebagai hari pertama pelaksanaan KKN.Pada hari itu juga dilaksanakan upacara pelepasan peserta KKN. Sebelum KKN, aku minta izin pada ketua kelompkok besar (Kormanit - Kordinator Unit) untuk pulang ke kampung halaman agar bisa berpuasa 10 hari pertama di sana, sekaligus tidak mengikuti rapat dan pengambilan atribut KKN mohon diwakilkan. Itu disetujui oleh ketua kelompok dan aku langsung pulang ke rumah.

10 Juli 2015, aku kembali ke Jogja menggunakan bis dengan harapan bisa sahur dan berpuasa keesokan harinya. Meskipun di dalam perjalanan pulang aku cuma buka puasa dengan keripik usus bekel dari mamah dan air minum yang aku beli saat bis berhenti, aku tetap kuat melakukan perjalanan hari itu. Bis melaju dengan cepat dan halus, sehingga tak terasa sudah berada di Purworejo. Aku tak lupa menghubungi teman aku yang sebelumnya sudah bersedia untuk menjemput di terminal Jombor. Sesampainya di Magelang (aku agak heran kenapa tiba-tiba ada di Magelang), aku bilang ke temanku kalau aku akan sampai sekitar 45 menit lagi. Dia membalas, "duh maaf guh, udah ada janji mau sahur bareng temen, jadi gak bisa jemput".

Menurut ngana, perasaan saya pada saat itu bagaimana? Kesal, marah, mengumpat, berpikir keras bagaimana menuju kos di pagi buta. Sampai di Jogja, aku kebablasan Jombor, baru sadar udah melewati perepatan monjali. Rencananya mau turun di perempatan Kentungan, tapi nanggung bisnya, akhirnya baru turun di perempatan Gejayan. Terpaksa jalan kaki menyusuri ringroad utara yang sepi. Aku sudah mikir hari ini enggak akan sempet sahur dan enggak akan puasa, pada saat itu waktu menunjukkan pukul 3.30. Untungnya, ada tukang ojek lewat dan menawarkan ojek. Langsung aku ambil meskipun dengan bayaran 20 ribu. Sesampainya di kos, tanpa pikir panjang aku langsung ke burjo sebelah untuk makan sahur walau hanya dengan nasi telor. Setelah selesai, langsung packing buat KKN hingga pukul 5 pagi. Setelah itu mandi dan bergegas menuju kos teman untuk berangkat bersama-sama menuju kampus.

Badan sudah cukup remuk ingin istirahat, namun kegiatan hari itu sunguh banyak. Setelah upacara, langsung berangkat menuju lokasi KKN dengan menggunakan motor. Perjalanan sekitar 1 jam. Upacara penerimaan mahasiswa KKN dari kecamatan dan desa dilakukan pada hari itu juga sehingga kegiatan baru menyentuh tempat tidur pada pukul 4 sore. Aku menyempatkan diri untuk rebahan dan akhirnya ketiduran. Bangun-bangun pas buka puasa. Hari itu memang sangat melahkan. Ujian sangat terasa tapi untungnya hari pertama KKN bisa dilalui dan bisa melalui pula masa KKN yang selama 50 hari.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP