Loading...
Tuesday, January 20, 2015

Selamat Menempuh Tugas Akhir

Finally, selamat tinggal semester 7 dan selamat datang semester 8 yang didedikasikan penuh untuk tugas akhir. Semester 7 diakhiri dengan ujian terakhir yang seharusnya tanggal 7 Januari diundur menjadi tanggal 12 Januari, apalagi kalau bukan ujian seminar. Ujian yang menentukan masa depan judul, latar belakang, dan konsep perencanaan yang sudah dipikirkan sejak semester 6 untuk tugas akhir. Rasa campur aduk mulai dari kesel, deg-degan, gugup, risau, takut, dan senang bercampur jadi satu. Ketakutan terbesar adalah ketika ide yang terucap dari mahasiswa bodoh ini tidak rasional dan tidak penting untuk dijadikan rencana. Apalagi diuji oleh dosen-dosen yang expert  di bidangnya. Meskipun beliau-beliau itu memperbolehkan kami bermimpi, berimajinasi, dan membuat suatu rencana yang WOW tapi tetap harus rasional dan nilai moneternya masuk akal. Aduh, mungkin ilmu aku belum sampai sana kali ya. Sudah sampai semester ini aja masih bersyukur, kalau dibanding sama teman-teman yang lain yang penyerapan ilmunya jauh lebih dahsyat daripada aku. Hahaha.

Meskipun aku bukan mahasiswa yang pinter, tapi aku yakin bisa sukses ke depannya. Aku ingin jadi planner yang berguna bagi nusa dan bangsa, menciptakan berbagai karya yang bisa dinikmati masyarakat, dan yang pastinya punya rejeki yang cukup untuk membahagiakan orang tua dan keluarga kecilku kelak. Amin. Rasa suka terhadap ilmu planning tidak tumbuh dalam diri mulai dari awal semester. Perlu ada penrubahan mainset  yang awalnya saintis harus menjadi lebih terbuka dengan banyaknya faktor yang bisa memengaruhi. Mulai dari semester 5, aku mulai merasakan betapa senangnya kuliah planning dan berapa banyak manfaat yang bisa aku berikan kelak walaupun pertanggungjawabannya juga berat.

Mulai dari Metode Penelitian dan Seminar Perencanaan adalah dua mata kuliah yang memberikan banyak manfaat. Kedua mata kuliah ini merupakan tahapan dalam menyusun tugas akhir. Mata kuliah ini juga menuntut aku untuk membuat suatu ide untuk tugas akhir. Tuntutan itu menjadikan aku banyak membaca buku dan ternyata planning  itu kaitannya tidak hanya dengan fisik tetapi berpengaruh pada banyak hal sampai bidang ilmu lain. Dari situlah aku banyak termotivasi untuk mencari channel-channel  baru yang expert di bidangnya untuk cari informasi.

Satu bulan ini, aku kembali ke Bandung untuk survei lokasi karena aku memang memilih Dayeuhkolot sebagai lokasi perencanaan tugas akhir. Ya, sambil menyelam minum  air, sambil survei sambil pulang kampung. Hihi. Alhamdulillah-nya dosen pembimbing aku menyetujui. Semoga ini bisa melancarkan aku hingga mendapat gelar Sarjana Teknik.

Aku juga berdoa buat teman-temanku yang hampir semuanya mengambil Tugas Akhir di semester 8 ini, semoga kita semua diberi kelancaran dan lulus sesuai dengan target yang diharapkan. Amin.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP