Loading...
Saturday, October 11, 2014

Indonesia Maju

Apabila kita berkaca pada kota-kota di luar negeri, tentu kita akan miris melihat kondisi Indonesia. Bahkan untuk kota semaju Jakarta, itu masih sangat jauh dengan kota-kota modern di luar negeri. Banyak rencana modern yang sudah dibuat oleh para ahli orang Indonesia. Tapi tidak ada satupun yang dapat terimplementasi.

Banyak pendapat bahwa Indonesia belum siap, banyak benturan yang membelenggu kemajuan negeri ini. Belenggu itu berasal dari pemerintah dan masyarakat sendiri. Keburukan pemerintah masa lalu membuat masyarakat apatis bahkan sampai saat ini. Masyarakat hanya mementingkan kepentingan ekonomi saja dan tidak mempedulikan dampak lingkungan sekitar. Kerusakan lingkungan bukan hanya dapat menurunkan kegiatan ekonomi tapi juga menurunkan kualitas hidup bagi masyarakat.

Satu hal lagi yang membuat belenggu akan kemajuan Indonesia adalah budaya. Masyarakat banyak yang mengartikan budaya sebagai suatu yang tradisional sehingga modernitas ditolak keras. Banyak dari mereka yang berkiblat ke arah barat, dalam arti modernitas itu suatu kebebasan dan sangat harus dihindari. Benar, kebebasan dan keterbukaan orang-orang barat membuat mereka mudah maju dan mampu melejit di dunia. Bukan berarti untuk maju kita harus mengikuti kehidupan orang barat. Hal yang perlu dibuka adalah wawasan kita tentang perkembangan. Tentu perlu ada filter yang melindungi diri kita, yaitu agama. Jangan jadikan budaya seperti belenggu yang menjadikan kita hidup harus primitif.

Kita, generasi muda harus terus berjuang dalam memajukan Indonesia ini. Meakipun kita tidak tahu kapan Indonesia bisa maju tapi di tangan kitalah perubahan itu bisa dilakukan. Budaya harus dilestarikan tapi jangan pandang budaya sebagai kehidupan primitif tapi jadikanlah budaya sebagai nilai luhur.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP