Loading...
Wednesday, October 29, 2014

Ibu Risma, Surabaya, dan Perubahan

Ibu Risma, walikota Surbaya, memang sudah membawa perubahan yang besar bagi kota pahlawan ini. Tidak seperti kepala pemerintah daerah lain yang mengedepankan politik dalam urusan pemerintahannya, Ibu Risma menggunakan pendekatan teknokratis untuk Surabaya. Ibu Rusma hampir tidak peduli dengan urusan politik, beliau menata Surabaya sesuai dengan bidang ilmu yang diambil. Alhasil, apa yang terjadi di Surbaya saat ini? Keteraturan dan kenyamanan dapat dinikmati oleh masyarakat.

Ibu Risma yakin bahwa ruang akan membawa perubahan bagi manusia dan aktivitasnya. Sesuai dengan teori bahwa man, activity, dan space adalah satu kesatuan. Desain ruang yang tapat dapat mengubah perilaku manusia. Itu jelas terbukti. Masyarakat Surabaya tergolong keras. Daerah yang panas sangat mendukung tempramental masyarakat. Cak cuk cak cuk memang sudah ciri khas dari kota ini. Apa yang dilakukan Bu Risma? Bu Risma membuat banyak taman tematik yang menghiasi Kota Surabaya. Taman tersebut berfungsi sebagai wadah kegiatan masyarakat termasuk kelompok tertentu. Kebutuhan sosial masyarakat dapat terpenuhi. Ibu Risma tidak hanya memberikan taman saja tetapi dengan fasilitas yang mewah seperti wi-fi untuk masyarakatnya. Pembuatan taman bukan hanya sisi ekologis dan estetika saja melainkan ada multiplier effect dari sisi sosial, ekonomi, pariwisata, dan kualitas sumberdaya. Rasa memiliki pun mulai tumbuh, sehingga rasa aman dan nyaman hadir di lingkungan Kota Surabaya.

Ibu Risma adalah sosok yang tegas dan peduli. Meskipun beliau seorang wanita dalam mengatur kota, beliau tidak menitikberatkan pada sense of care tetapi berusaha menyeimbangkan sense of justice. Keseimbangan memang perlu dilakukan agar perencanaan tidak berat sebelah.

Memang sangat jarang pendekatan teknokratis digunakan di daerah-daerah Indonesia. Hampir banyak yang menggunakan sisi politik dalam menjalankan roda pemerintahannya. Hasilnya adalah tidak ada perubahan yang kentara pada masyarakat. Semuanya hanya untuk kepentingan pribadi pemerintah saja. Pemerintah sebaga pelayan publik hanya sekedar slogan saja. Saat ini sudah banyak bermunculan tokoh-tokoh seperti Ibu Risma yang menggebrak dunia pemerintah dan mengedepankan publik sebagai subjek dan objek perencanaan.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP