Loading...
Monday, April 1, 2013

Lost in Surabaya

Baru pertama kali ke Surabaya dan langsung tersesat, rasanya ulala~ sekali. Ya, long-weekend kali ini aku bersama 7 temanku bersama-sama pergi ke Surabaya. Kebetulan anak Planologi ITS sedang merayakan hari ulang tahunnya dan mengadakan lomba yang dinamakan amazing race. Alih-alih ikut lomba, padahal ingin main ke kota metropolitan di Jawa Timur yang belum pernah aku kunjungi.

Sesampainya di Stasiun Surabaya Gubeng dan hanya berada 5 meter di atas permukaan laut, tak terbayang panasnya seperti apa. Dan benar saja, matahari senja menyorot dengan teriknya, akupun berseru, "bochor bochor, neraka bochor!"

Sabtu, 30 Maret 2013 waktunya Amazing Race dimulai. Berkumpul di depan Kebun Binatang Surabaya, seluruh peserta mulai bersiap-siap mengikuti lomba. Sebelum dimulai aku dan teman-teman berfoto dulu di depan patung Suro dan Boyo yang menjadi ikon Kota Surabaya yang biasa terlihat di layar kaca.

Amazing Race ini diikuti oleh 20 tim, peserta terjauh adalah aku dan teman-teman dari Jogja, ada juga dari Semarang looh. Setiap tim diberi uang 65 ribu yang digunakan sebagai ongkos menuju tempat-tempat sesuai petunjuk yang diberikan. Saat panitia mengatakan mulai, semua peserta sibuk mencari bendera sesuai dengan warna timnya masing-masing. Akupun bergegas dan segera mencari. Aku satu tim dengan Melati yang biasa dipanggil Mamel dan pendamping bernama Fadzil yang kebetulan sama-sama anak Bandung langsung bergegas menuju Tugu Pahlawan sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

"Malu bertanya, sesat dijalan" peribahasa yang tepat sekali. Tanpa bertanya kita tidak akan tahu arah dan tujuan, ditambah lagi buta arah dan tidak tahu posisi dimana. Hihihi. Tapi memang di Surabaya, bertanya jangan cuma satu kali karena belum tentu orang-orang di sana benar-benar tahu arah, tahu angkot, dan tahu tujuan, buktinya sudah dua kali timku kena jackpot gara-gara ketidaktahuan seseorang saat ditanya. Jadi lebih hati-hati saat bertanya ya!

Kota Pahlawan, ya pasti ada Tugu Pahlawannya. Area historis yang cukup luas dan dijadikan taman yang asri dan indah. Ini dia elemen penting dalam perkotaan, yaitu ruang publik.

Tujuan selanjutnya adalah Taman Jayengrono. Taman ini sungguh mengecoh. Saat orang-orang ditanya tentang lokasi taman ini, banyak sekali yang salah sasaran. Banyak sekali yang menjawab taman ini ada di daerah Perak, namun saat timku menuju lokasi tersebut ternyata tidak ada panitianya sama sekali. Atau pelafalanku salah saat bertanya? Entahlah. Akibat lokasi yang salah ini, uang timku berkurang, waktu terbuang, dan semuanya sia-sia. Tapi tak apa, timku masih semangat untuk menuju destinasi terakhir.

Taman Apsari. Taman yang memiliki patung pahlawan di tengahnya. Taman ini juga merupakan taman historis di Surabaya. Dalam perjalanan menuju ke sana ternyata timku terkecoh dengan taman yang mirip dengan Taman Apsari. Akibatnya, timku harus berjalan cukup jauh untuk sampai di pos Taman Apsari.

Distro Gaek Koen Tok, salah satu sponsor dalam acara ini. Semua peserta menumpuk di dalam toko distro ini menanti games dan petunjuk yang diberikan. Akibat penumpukkan ini dan harus mengantri, bagi yang datang terakhir memang sudah dipastikan akan kalah. Hahaha. Games yang diberikan adalah harus memotret  orang sekitar dengan menggunakan baju dari Gaek Koen Tok dan mengunggahnya di twitter. Waduuh repot banget, masalahnya adalah tidak ada satupun yang membawa handphone karena dilarang oleh panitia. Untungnya pendampingku membawa handphone, alhasil fotonya bisa diupload deh.

Dan lokasi terakhir adalah Jurusan Teknik Planologi Institut Teknologi Sepuluh November. Timku memutuskan untuk naik taksi biar cepat, sekaligus ngadem. Dan setelah sampai di tujuan terakhir ternyata sudah ada juaranya. Lumayanlah dapat urutan ke-8.

Untungnya 4 tim dari UGM ada yang juara 2 looh. Jadi gak sia-sia juga. Hahaha.

Ini adalah liburan akhir pekan yang menyenangkan. Semoga bisa menuju kota-kota lain yang belum pernah dikunjungi. Terima kasih untuk semua pihak yang  mendukung ya. See ya !

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP