Loading...
Wednesday, October 17, 2012

Candi Gedong Songo

Jika kita berkunjung ke Kabupaten Semarang alangkah kurang lengkapnya jika tidak mengunjungi Candi Gedong Songo. Candi Gedong Songo merupakan satu kompleks candi yang yang ada di Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Candi ini terletak di lereng Gunung Ungaran sehingga udara di sana begitu sejuk. Menurut beberapa sumber bahwa candi ini merupakan peninggalan dari zaman Hindu dan ditemukan oleh Raffles. Untuk menuju kesana tidak membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 45 menit dari Ambarawa, namun jalan di sana cukup curam, sehingga untuk bus tidak dapat mencapai tempat parkir yang berada tepat di depan kompleks candi.

Seperti namanya, Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi yang berjumlah sembilan buah. Jarak antar candi sangat jauh dan hanya dapat ditempuh oleh berjalan kaki. Komplek candi ini merupakan kompleks yang dilindungi oleh pemerintah karena merupakan bagian dari hutan raya. Banyak sekali pohon pinus yang tumbuh di sana menambah keasrian kawasan ini.



Untuk menuju ke setiap candi, kita diberi papan petunjuk. Jalan setapak yang dilalui memang cukup terjal dan jauh, namun telah diberi perkerasan berupa batu dan semen, sehingga kita tidak perlu ketakukan akan terjatuh. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat mata air dari Gunung Ungaran yang mengadung belerahng, tentu saja sangat baik untuk kulit. Untuk menikmatinya kita perlu masuk lagi ke area pemandian dengan membayar tiket masuk lagi.

Setelah menjelajah, saya hanya dapat menemukan 6 candi, 3 candi berikutnya tidak diketahui karena tidak ada petunjuknya. Jalan yang curam tidak membuat saya lelah untuk mengelilingi kompleks candi ini. Jika penasaran silakan berkunjung ke kompleks candi ini. Semoga mendapat inspirasi. :)

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP