Loading...
Sunday, December 4, 2011

Seminar Nasional "Green City"

3/1/11, Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta mengadakan seminar nasional yang bertajuk "Green City". Acara ini merupakan rangkaian acara Plano In Action. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa UNS itu sendiri, STT Nas, UNDIP, UGM dan masih banyak lagi. Dalam rangkaian acara tersebut terdapat lomba paper yang diikuti oleh mahasiswa se-nasional. Awal dari acara di hari itu adalah presentasi dari finalis lomba paper. Ada tiga presentasi,  pertama adalah mengenai penanaman bambu di Kota Solo untuk penyerapan air dan pencapaian menuju kota hijau yang merupakan hasil dari teman-teman UNS, kedua mengenai keberlanjutan sungai code dan konsep pocket park, keduanya merupakan hasil tulisan teman-teman dari UGM.

Setiap peserta mempresentasikan papernya dengan baik, banyak inovasi-inovasi baru yang perlu diaplikasikan di dalam kota agar menuju kota hijau. Antusias audiens juga sangat baik sehingga banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang mengulik lebih jauh mengenai hasil paper mereka.

Setelah presentasi berakhir, dilanjutkan dengan seminar nasional. Pembicara pertama adalah Bapak Ir. Ahyani, MA merupakan kepala Dinas Tata Ruang Kota Surakarta yang membahas mengenai konsep Green City yang dicoba diterapkan di kota Surakarta atau Solo. Kemudian pembicara selanjutnya adalah Bapak R. Endra Saleh Atmawidjaja, ST., M.Sc., beliau bekerja di kementrian Pekerjaan Umum yang membahas mengenai kota hijau untuk kehidupan yang produktif, manusiawi, dan berkelanjutan.

Acara tersebut tentunya menambah wawasan kita di bidang perencanaan dan pentingnya mengintegrasikan dengan lingkungan. Semoga acara tersebut dapat memotivasi kita semua untuk menghasilkan inovasi-inovasi baru untuk kemajuan kota-kota di Indonesia. 

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP