Loading...
Friday, October 28, 2011

Belajar Menjadi Planner yang Baik

Sudah sebulan lebih aku belajar ilmu perencanaan tapi jati diriku masih belum mengalir bersama ilmu yang aku geluti. Aku merasa terlalu banyak tugas sehingga tidak ada waktu untuk mengharmonisasikan diriku dengan planologi meskipun tugasnya itu memang mengenai planologi. Ya inilah diriku, tipe orang yang aneh, orang yang asal mengerjakan tugas tanpa mengerti tujuannya. Tujuan itu baru bisa dipahami jika aku mereview secara perlahan, tanpa tekanan, dan berada di suasana yang nyaman.

Tapi sebenarnya, jurusan ini aku banget. Sejak kecil aku suka membuat miniatur kota di halaman rumah, buat jalan dan jembatan, rumah, serta sengaja membeli chiki yang berhadiah mainan street furniture untuk melengkapi perlengkapan kota. Semua yang aku mainkan dulu, dipelajari saat aku kuliah.

Saat ini aku memang sedang berusaha menjadi planner yang baik. Aku sendiri masih belum paham, planner yang baik itu kriterianya seperti apa. Itu semua aku pelajari saat perkuliahan ini. Tapi ada beberapa hal yang aku bisa sampaikan pada kalian semua, yaitu
1. Cintailah ilmu perencanaan. Setiap kita kuliah, kita harus mencintai dulu jurusan yang kita ambil. Mungkin di awal-awal kita belum bisa mencintainya dan masih rancu akan ilmu tersebut. Tapi seiring berjalannya waktu, ilmu tersebut akan terserap dalam hati kita dan kita mulaim mencintai ilmu tersebut.
2. Jalani dengan santai, jangan terlalu ambisius. Tugas yang banyak memang membuat kepala kita ruwet memikirkannya. Tapi jika kita memikirkannya secara berlebihan apalagi ditambah ambisi untuk jadi yang sempurna, itu akan membuat kita drop dan semua tujuan kita akan sia-sia.
3. Belajar berkomunikasi. Komunikasi adalah hal terpenting untuk menjadi seorang planner. Belajarlah mengemukakan pendapat dan satu lagi belajar bicara menggunakan mikrofon. Aku adalah orang yang nerveus kalau berbicara depan mikrofon, sering-seringlah berkaroke ria agar menjadi biasa. Hahaha.


0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP