Loading...
Friday, June 24, 2011

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Olahraga

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika olahraga :

1. Hindari berolahraga berat pada pagi hari karena dapat menyebabkan stres. Hormon stres (koristol) dan adrenalin kadarnya relatif cukup tinggi dalam tubuh ketika itu. Aktivitas fisik yang menguras tenaga pada pagi hari akan berimplikasi pada psikologi harian, yaitu cenderung lebih sensitif dan mudah tersinggung.

2. Pilih olahraga ringan pada pagi hari, misalnya pemanasan, jalan kaki ringan, jalan cepat, atau senam ringan.

3. Hitung efektivitas olahraga dengan cara mengukur denyut jantung per menit. Pada keadaan normal tidak berolahraga atau aktivitas fisik berat, denyut nadi berkisar 60-100 kali per menit. Tergantung pada usia dan jenis kelamin. Peningkatan denyut nadi yang tidak terlalu ekstrem menunjukkan olahraga cukup efektif dalam melatih sistem fisiologi, tetapi tidak membebankan secara berlebihan.

4. ore hari adalah aktu yang tepat untuk berolahraga, mengapa? Karena kondisi hormonal pada sore hari lebih kondusif dan skistem tubuh kita lebih siap diajak untuk melakukan aktivitas yang berintensitas tinggi.

5. Perhatikan usia. Mengingat semakin bertambah usia seseorang, maka semakin banyak jaringan tubuh yang telah menurun kapaitas fungsionalnya. 

(DNA cantik, Tauhid Nur Azhar hal. 60)

repost from : 085314157949

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP