Loading...
Friday, April 22, 2011

Malam Keakraban

Kemarin, tepatnya tanggal 21 April 2011, aku beserta teman-temanku dari Teknik Mesin mengadakan acara malam keakraban yang diikuti oleh semua mahasiswa mesin unpas dan alumninya. Malam keakraban dengan tema "Indahnya Hidup dalam Kebersamaan" telah disusun sedemikian rupa oleh panitianya.

Kegiatan tersebut dipimpin olehku sebagai ketua pelaksana. Aku adalah ketua pelaksana ketiga setelah dua orang ketua pelaksa yang terpilih sebelumnya tidak serius dalam menjalankan tugasnya. Aku setuju saja dengan keputusan tersebut karena aku cukup terbiasa terlibat dalam suatu acara sejak SMP. Namun baru kali ini aku dijadikan pemimpin dalam suatu acara.

Aku melaksanakan tugas sesuai tugas ketua pelaksana, seperti memastikan dan mengawasi kinerja panitia yang lainnya. Namun, karena aku baru jadi ketua pelaksana maka hampir 95% tugas-tugasku diambil alih oleh orang lain. Belum lagi teman-temanku yang rata-rata lebih tua dariku berlaga sok dan tidak menghargai aku. Cukup kesal, tapi aku tahan amarahku ini.

Hari H pun tiba, tepat H-1 jam dari acara, aku dipanggil oleh senior yang menanyakan tentang acara tersebut. Aku jawab sejujurnya tentang kegiatan tersebut dan juga mengenai pergantian kepemimpinan. Alhasil, aku disuruh memanggil ketua angkatan juga wakil ketua angkatan. Selain itu kakak pembimbingku saat ospek juga dipanggil. Dan akhirnya kami semua dimarahi. Saat itu aku hanya diam karena aku benar-benar tidak diberi kesempatan untuk berbicara, disaat aku berpendapat, pendapatku selalu disalahkan. Senior menyimpulkan kalau acara harus dibatalkan dan diundur ke waktu yang tepat dan ketua pelaksananya hanya sebagai tumbal saja. Aku berpikir kalau aku memang tumbal dalam kegiatan tersebut.

Kami semua akhirnya memutuskan untuk melanjutkan acara tersebut dengan semua risiko yang akan terjadi. Saat itu aku merasa sangat goblok dan hanya diperbudak oleh angkatanku sendiri. Ketegasanku tidak digubris karena aku lebih muda dari teman-temanku.

Ya Tuhan, ini kali pertamanya aku memimpin sekumpulan orang yang seperti ini. Biasanya orang-orang yang aku kenal adalah orang-orang berpendidikan dan bisa menghargai orang lain, tapi sekarang? Ini benar-benar pembelajaran buatku.

*Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP