Loading...
Saturday, March 5, 2011

The Busiest Weeks is Over

Berbeda dengan pekan-pekan sebelumnya yang dinikmati dengan biasa, tapi akhir pekan itu terasa begitu menyenangkan, meskipun hanya berdiam diri di rumah tanpa menikmati malam minggu yang katanya asyik. Kita review dulu kegiatan dari dua minggu kebelakang.

Praktik kuliah sudah dimulai. Diawali dengan Technical Meeting pada hari Sabtunya. Seperti biasa, setelah Techmeet berakhir para praktikan diwajibkan mengumpulkan Tugas Besar, tugas yang menunjukkan kalau praktikan setuju dan siap melaksanakan praktikum sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh praktikan sendiri. Praktikum yang dimaskud adalah Fisika Dasar. Jadwalnya sudah ditentukan oleh asisten laboratorium, kita hanya memilih jadwal mana yang akan kita ambil agar tak bentrok dengan jadwal kuliah. Seminggu dua kali praktik dengan jarak tiga hari. Setiap praktikan wajib mengikuti 5 modul yang telah ditentukan. Akhirnya aku dan partnerku memilih kelompok 53, yaitu hari Rabu dan Sabtu setiap pukul 13.00 WIB.



Tugas besar yang harusnya dikumpulkan pukul 7.00 WIB hari Senin, tak berhasil aku kumpulkan karena jalanan macet. Sedikit kecewa dan waswas karena takut digugurkan dalam praktik. Tapi aku berusaha menguatkan diri dan terus melanjutkan praktik.

Selasa (22/2) mulai bergadang untuk mengerjakan tugas awal sebelum praktik yang terdiri atas 7 soal dan laporan praktikum di buku kampus. Laporan tersebut berisi 10 lembar dasar teori dan semuanya harus ditulis tangan. Alhamdulillah tugas berhasil aku kerjakan sampai pukul 2 pagi.

Rabu (23/2) praktik dimulai jam 1 siang. Kebetulan mata kuliah jam 7 dosennya tidak hadir. Itu kesempatan untuk memperbaiki laporan. Alhamdulillah, hasil kerjaku tak dicoret oleh asisten yang membimbingku. Setelah itu aku harus melanjutkan laporan tersebut dari percobaan yang telah aku lakukan saat praktik. Jam 5 sore, ada Technical Meeting praktik Material Teknik dan harus mengerjakan tugas besar yang dikumpulkan besok pagi. Dan sepertinya saya harus begadang lagi.

Kamis (24/2) datang pagi-pagi untuk mengumpulkan tugas material teknik. Setelah itu harus mengumpulkan tugas laporan fisika. Alhamdulillah, laporan tersebut diterima. Setelah itu aku diwajibkan untuk menyalin laporan tersebut di kertas HVS A4 dengan dasar teori 15 lembar dan ditulis tangan. Lagi dan lagi bergadang. Selain tugas tersebut, aku harus mengerjakan tugas pendahuluan material teknik dengan format yang sama seperti fisika, namun dasar teorinya harus 20 lembar.

Jumat (25/2) Jam 8 pagi aku bersama teman-temanku praktik material teknik. Ternyata laporan yang telah aku buat ada yang salah. Gambar kegedean lah, dan bla bla bla. Meskipun yang salahnya satu huruf tapi yang dicoret satu lembar penuh, alhasil aku harus mengulang lembaran demi lembaran kesalahan tersebut. Siangnya aku harus mengumpulkan laporan akhir fisika dan Alhamdulillah diterima. Tapi tetap saja aku tak bisa beristirahat karena hari Sabtu sudah praktik fisika lagi. Begadang lagi, begadang lagi.

Sabtu (26/2) Kemarin aku enggak kuat begadang samapai larut, akhirnya jam 12 malam aku sudah terlelap di atas kasur. Cukup banyak tugas yang belum beres aku kerjakan. Aku datang pukul 8 karena ada kuliah, tapi untungnya bapak dosen tidak datang karena ada urusan, jadi waktu kosong itu aku gunakan untuk mengerjakan tugas praktikum yang belum beres. Jam 1 aku praktik fisika, dan alhamdulillah, aku mendapatkan asisten yang sama seperti praktikum pertemuan pertama. Sedikit santai tapi tetap harus cepat dijalani karena waktu pengumpulannya hari senin. setelah praktik selesai aku langsung pergi ke parkiran dan pengambil motor. Beberapa kali aku tak sadar di motor karena rasa kantukku yang amat besar. Sampai di rumah aku langsung tergapar di kursi tamu dan tertidur lelap. saat pukul 8 malam aku terbangun, langsung mengganti baju dan pindah ke kamar mama untuk menonton televisi, aku pun tertidur lagi sampai pukul 10 malam. Saat terbangun lagi aku langsung pindah ke kamar dan meneruskan tidur dan baru bangun pukul 6 pagi keesokan harinya.

Minggu (27/2) Biasanya aku selalu santai, internetan, nonton tv, dan lain sebagainya, tapi kali ini tidak bisa. Karena tugas menumpuk. Mulai dari tugas pendahuluan material teknik, laporan fisika, dan tugas kuliah. Semuanya harus dikerjakan dalam satu waktu. Sampai jam 2 pagi aku berhasil menyelesaikan semua itu.

Senin (28/2) Saatnya pengumpulan tugas, tapi sayangnya tugas fisika tidak diterima karena ada yang salah. Akhirnya aku harus memperbaikinya dan mengumpulkannya besok. Saat kuliah aku tidak begitu memerhatikan karena saking lelahnya. Apalagi saat paraktikum material teknik pukul 1 siang, kuis yang sditanyakan sebelum praktikum tidak berhasil aku jawab semua karena otakku benar-benar lelah untuk berpikir.

Selasa (1/3) Akhirnya tugas fisikaku diterima, padahal aku berharap tidak diterima karena jika diterima aku harus menyalinnya ke kertas A4 dan aku harus mengerjakan tugas pendahuluan untuk praktikum fisika pertemuan ketiga. Saat itu benar-benar pusing mengatur waktunya. Apalagi saat mata kuliah fisika II, aku tertidur di kelas dan tak menyimak semua materi yang disampaikan dosen.

Rabu (2/3) Malam sebelumnya aku tertidur, alhasil aku tak sempat mengerjakan tugas sedikitpun. Pagi-pagi aku datang ke kampus, kebetulan dosen Termodinamika Teknik Dasar tidak hadir, hal itu aku ambil untuk mengerjakan tugasku. Sayangnya sampai pukul 1, aku tak berhasil mengerjakan laporan akhir (laporan salinan ke kertas A4) tepat waktu. Aku keburu praktik, untuk asistennya pengertian. Aku diberi kesempatan untuk mengerjakannya setelah selesai praktikum dan berhasil menyelasikannya pada pukul 6 sore. Setelah itu aku pulang ke rumah untuk mengerjakan laporan setelah praktikum fisika dasar tadi.

Kamis (3/3) Seperti biasa kamis libur, tapi tetap aku harus datang ke kampus untuk mengumpulkan tugas praktikum. Karena sudah selesai, aku memanfaatkan waktu untuk memperbaikinya. Saat dikumpulkan pada pukul 5 sore, ternyata laporanku masih banyak yang salah karena sistematikanya tidak sesuai dengan asisten sekarang inginkan. Terpakasa aku harus datang lagi besok dan memperbaikinya. Malamnya aku mengerjakan tugas material teknik karena besok jam 8, praktikum material teknik lagi.

Jumat (4/3) Pagi-pagi aku berlari-lari karena takut terlambat masuk praktiku. saat pengumpulan tugas pendahuluan, hanya aku saja yang tidak diterima karena bab pendahuluannya kiran. sedangkan ketiga temanku lainnya sudah diterima. Setelah menunggu sekian jam untuk asistensi tugas praktikum fisika ternyata lapotanku salah. aku tidak tahu karena tidak diberitahu oleh partnerku. Saat hari kamis asistensi aku tidak ikut karena aku shalat dulu. Akhirnya dicoret lagi tuh buku, aku harus memperbaikinya dan langsung menyalin ke kertas A4, untungnya hari senin dikumpulkannya.

Sabtu (5/3) Praktikum terakhir di pekan ini. Semalam aku ketiduran untuk mengerjakan laporan awal, untungnya pagi hari jam 3 aku mulai mengerjakannya dan beres sekitar pukul 7 pagi. Jam 1 aku praktik setelah itu aku langsung pulang ke rumah.

Dan sekarang sedang menikmati istirahat sambil nge-blog. hehehe. Ada niat untuk menyelesaikan semua tugas hari ini biar besok tinggal santai dan bisa nonton dorama yang sudah menumpuk ingin ditonton. Doakan saya selalu, agar kuat menghadapi ini semua. :D

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP