Loading...
Sunday, January 16, 2011

Mari Berhati-hati dan Jaga Keseimbangan

Berkendaraan menggunakan kendaraan bermotor memang asyik, apalagi kalau kendaraan pribadi. Biaya yang dikeluarkan lebih sedikit, waktu tujuan tidak lama, dan rasa lelah lebih sedikit dibanding harus jalan kaki ke luar kota. Tapi kalau kita hanya mementingkan keuntungan dan tidak mempedulikan risiko kecelakaan, itu adalah kesalahan yang cukup fatal. Karena jumlah kecelakaan terbesar yang terjadi di Indonesia adalah akibat berkendaraan, baik kendaraan umum maupun pribadi. Maka dari itu kita perlu menanamkan sikap safety riding saat berpergian menggunakan kendaraan.


Apa sih yang menyebabkan kecelakaan?

1.      1. Kendaraan yang tidak memungkinkan
Kadang orang malas sekali untuk memeriksa keadaan kendaraannya. Apakah aman untuk digunakan atau tidak. Tak sedikit orang yang menggunakan kendaraannya melebihi kemampuan kendaraannya tersebut. Misalnya saat tekanan angin di ban kurang, tapi malah digunakan dengan kecepatan tinggi, dan akhirnya pecahlah ban tersebut yang menimbukan kecelakaan lalu-lintas.
2.       Kelalaian rider

2. Rider atau pengendara juga bisa menyebabkan kecelakaan. Misalnya keadaan mengantuk, tidak fit, sakit, dan lain sebagainya. Ketidak fokusan rider bisa berbahaya dan mengakibatkan kecelakaan.

3.       3. Infrastrukur yang tidak memadai
Jalan yang rusak, rambu lalu lintas yang tidak memadai bisa menyabkan kecelakaan.

Lalu, bagaimana cara supaya angka risiko kecelakaan bisa berkurang?

Kemungkinan kecelakaan memang tak bisa dihilangkan, tapi bisa dikurangi dengan cara berhati-hati. Hati-hati memang cara yang umum dan semua orang sudah tahu. Hati-hati bisa dilakukan dengan cara fokus pada jalan, jangan terlalu banyak pikiran, tidak dalam keadaan lelah, tidak terlalu berkecepatan tinggi, ,menggunakan jalur yang  aman, dan masih banyak lagi kehati-hatian yang bisa dilakukan.

Menurutku, selain kehati-hatian yang paling penting adalah jaga keseimbangan, khususnya untuk pengendara motor roda dua. Umumnya kecelakaan yang terjadi untuk pengendara sepeda motor adalah ketidak seimbangan akibat suatu hal. Maka dari itu, kesimbangan tubuh dan kekuatan dalam mempertahankan ketegakkan sepeda motor harus dijaga.

Itu semua sudah aku buktikan. Dengan modal fokus dan seimbang, Alhamdulillah belum menagalami kecelakaan yang parah, padahal sudah beberapa kali kecelakaan maut datang menghampiri.
Untuk itu, aku mengajak teman-teman semua untuk berhati-hati dalam berkendaraan dan menjaga keseimbangan karena itu bisa mengurangi risiko kecelakaan.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP