Loading...
Wednesday, December 22, 2010

Apakah Ini Adil?

Cerita tentang seorang nenek yang dihukum karena mencuri tiga buah kakao di Dusun Sidoarjo sungguh membuatku heran sekaligus sedih. Heran karena hanya masalah kecil sampai dibawa ke meja hijau, sedih karena dianggap mencuri sesuatu yang tidak seberapa harganya dihukum dengan cukup berat apalagi sang nenek tersebut bukan dari keluarga yang mampu.

Berbeda dengan kasus tersebut, kisah ini membuatku merasa bahwa hukum di negeri kita ini begitu tidak adil. Tidak bisa membedakan mana yang benar dan yang salah. Ya, jika memang dia salah, tolonglah perhatikan hukuman yang diberikan dengan keadaannya.


Suatu saat, kakak tingkatku baru keluar dari pusat perbelanjaan di kota Bandung. Letak pusat perbelanjaan itu sangat membahayakan pengunjungnya. Letaknya tepat di pertigaan atau lebih tepatnya disebut cagak  Jalan Dr. Setiabudi dan Jalan Sukajadi. Jalan tersebut selalu diisi oleh kendaraan yang berkecepatan tinggi, baik dari arah Lembang maupun dari arah Bandung. Saat keluar dari pusat perbelanjaan sambil mengendarai motor, kakak tingkatku berniat untuk ke arah Lembang. Untuk itu dia harus menyebrangi Jalan Setiabudi. Petugas parkir sudah siap menyebrangkan dengan memberhentikan kendaraan di sekitar, mobil honda jazz sudah berhenti untuk memberikan jalan. Namun tiba-tiba dari arah yang sama dengan honda jazz ada sepeda motor yang dikendarai oleh seorang TNI dengan kecepatan tinggi menyalip honda jazz yang sedang berhenti dari arah kiri. Belum sempat menyebrang, kakak tingkatku ditabrak oleh pengendara sepeda motor itu.
Masalah tersebut berlanjut sampai ke meja hijau. Dan hasil persidangan itu menyatakan kalau kakak tingkatku kalah dan harus membayar denda sebesar Rp1,000,000. Sudah jatuh tertimpa tangga, sudah ditabrak disalahkan pula. Sebagai anak pengembara yang sedang kuliah di luar kota tentu hal yang sulit mengumpulkan uang sebanyak itu dengan jangka waktu yang sangat cepat.
Apakah ini adil?

Postingan ini juga dapat dilihat di
www.kompasiana.com/diphtegh
divateguh.blogdetik.com 

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP