Loading...
Saturday, November 27, 2010

Susahnya Menjadi Guru


Menjadi pembimbing atau lebih cocok disebut pengajar KPMP di sekolah memang tak semudah yang dibayangkan. Berusaha memberikan informasi dengan cara yang menarik dan menyenangkan tentu sulit untuk dilakukan. Apalagi jika tanpa persiapan yang matang. Ya, inilah yang saya alami. Diberi kepercayaan untuk membimbing karena tidak ada orang lain yang bisa dengan berbagai keterbatasan dan kemampuan. Di sini saya mencoba untuk melakukan semaksimal mungkin, tapi dilihat dari raut muka bimbingan saya Nampak jelas ketidakmengertiannya. Jujur, saya tidak begitu menguasai ilmu tersebut, itu hanya ketertarikan zaman SMA. Tapi saya tidak boleh mengecewakan kepercayaan yang telah diberikan oleh guru saya. Dari sini saya dapat belajar, memang ternyata menjadi guru itu memang susah. Harus bisa mengerti keadaan siswa yang tak semuanya sesuai dengan cara mengajar guru tersebut. Dulu waktu saya masih menjadi siswa, saya sering membicarakan guru dan cara mengajarnya. Menjelek-jelekan guru yang menurut saya tidak bagus cara mengajarnya dan memuji-muji guru yang bagus cara mengajarnya. Saat ini saya merasa sikap saya dulu itu salah besar. Cara mengajar setiap orang itu berbeda-beda tergantung dengan sikapnya. Sekarang saya mencoba untuk menyukai semua dosen yang mengajar di kampus. Apalagi mahasiswa dituntuk untuk bisa mencari dan menggali informasi sendiri.

Pendidikan untuk menjadi tenaga pendidik memang sangat penting. Apalagi di zaman sekarang semakin banyak sumber daya manusia yang berpotensi yang perlu diarahkan ke jalan yang benar agar tak tersesat di akhir kelak. Maka dari itu alangkah lebih baiknya jika ada seseorang guru atau rekan saya yang belajar tentang kependidikan mau mengajari saya untuk menjadi seoarang pembimbing atau pengajar yang baik. Bisa memahami siswa dan membuat paham siswa atas materi.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP