Loading...
Saturday, November 13, 2010

KPMP Astronomi – 13 November 2010


KPMP merupakan kepanjangan dari Kelompok Pecinta Mata Pelajaran yang ada di SMA Negeri 13 Bandung. Fungsi KPMP adalah untuk mengumpulkan siswa-siswi yang tertarik pada mata pelajaran tertentu dan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade dan lomba-lomba mata pelajaran yang diikuti. Kegiatan tersebut rutin dilakasanakan tiap hari Sabtu mulai jam 7.00 – 9.00 WIB. KPMP yang bisa diikuti para siswa adalah Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Kebumian dan Astronomi, Ekonomi, Pendidikan Lingkungan Hidup, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pembimbing KPMP Kebumian dan Astronomi adalah Ibu Dra. Dede Nurhayati, namun karena Ibu Dede fokus pada KPMP Kebumian maka KPMP Astronomi dibebankan pada alumninya, salah satunya aku.

Sabtu, 13 November 2010, aku diminta untuk mengisi materi Astronomi saat KPMP. Sebenarnya ada 2 orang lagi alumni aktif yang tergabung dalam KPMP Astronomi. Efa Khafifa Hidayat, rekanku saat mengikuti Lomba Karya Tulis ilmiah, dan Fitri Nuraeni, kakak kelasku yang sekarang kuliah di jurusan Astronomi. Berhubung mereka berdua ada halangan, maka aku yang mengisi materi.

Materi yang aku berikan berjudul Fenomena Cuaca Antariksa yang bersumber dari buku Fenomena Cuaca Antariksa, sebuah persembahan dari LAPAN. Buku tersebut sudah mencakup semua materi mengenai cuaca antariksa dan hubungannya dengan kiamat 2012 yang sedang booming saat ini. Aku menjelaskan dengan agak cepat dan menekankan poin-poin penting. Setelah presentasi berakhir aku meminta siswa-siswi untuk merangkum hasil presentasi tersebut. Presentasi yang ngebut memang dapat menimbulkan ketidak mengertian, tapi di sini aku bertujuan untuk mengetahui seberapa paham, seberapa besar keingintahuan, dan sikap mereka mengenai cuaca antariksa dan umumnya tentang ilmu astronomi.



Dari rangkuman yang mereka buat, terlihat bahwa wawasan mereka dan keingintahuan mereka sangat besar dalam mempelajari ilmu astronomi. Aku berharap mereka masuk KPMP Astronomi itu bukan suatu keterpaksaan hasil tes KPMP tapi suatu keinginan dan hobi. Aku juga menekankan pada mereka bahwa di KPMP tidak sama seperti belajar di kelas yang perlu ingatan dalam menghapal suatu pelajaran, tapi membutuhkan suatu keinginan besar dan ketertarikan dalam suatu mata pelajaran. Karena di KPMP tidak ada ujian hasil menghapal seperti pada pelajaran di kelas, tetapi ujian pemahaman yang akan dibuktikan saat olimpiade dan lomba-lomba lainnya.

Untuk pertemuan selanjutnya aku sedang mencari cara-cara penyampaian materi yang lebih menyenangkan, menarik, dan tentunya membuat mereka paham.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP