Loading...
Thursday, July 22, 2010

Situs Jejaring Sosial


Situs jejaring sosial telah membuat perubahan yang besar bagi komunikasi di seluruh dunia. Dengan situs jejaring sosial kita dapat berkomunikasi dengan teman di seluruh pelosok dunia. Banyak sekali para pembuat situs jejaring sosial. Berdasarkan data dari berbagai sumber terdapat 350 lebih situs jejaring sosial yang ada di internet.Di sini, saya akan me-review beberapa situs jejaring sosial.


1. Friendster
Friendster ditemukan pada tahun 2002 oleh Jonathan Abrams. Di Indonesia Friendster sangat populer sekitar tahun 2005-2008. Pada Desember 2009, Friendster dibeli oleh Malaysia dan fasilitas yang disajikan menjadi lebih menarik, seperti adanya fasilitas chat, komentar shoutout, dan lainnya.
 2. Facebook
Facebook diluncurkan tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg. Di Indonesia Facebook populer sekitar tahun 2008 hingga saat ini. Layanan yang diberikan Facebook seperti, chat, komentar status, note, aplikasi, dan lain sebagainya membuat orang-orang yang menggemari Friendster berpindah ke Facebook. Munculnya pihak-pihak yang membuat kemudahan dalam mengakses Facebook tentu saja membuat Facebook semakin populer. Banyak situs jejaring sosial lain yang dapat berintegrasi dengan Facebook.

3. FUPEI (Friends Uniting Program Expecially Indonesia)
Kehadiran Situs Jejaring Sosial luar negeri tidak membuat semangat pemuda Indonesia untuk berkarya. FUPEI diluncurkan pada bulan Mei 2004 oleh Sanny Gaddafi. Situs jejaring asal Indonesia ini telah menarik jutaan orang untuk menjadi fupeis. Fasilitas yang disajikan juga tak kalah lengkap, seperti chat, lives, shoutbox, blog, integrasidengan Facebook dan Twitter, dan masih banyak lagi fasilitas yang disajikan.

4. Bebo
Akronim dari Blog Early, Blog Often ditemukan pada awal Januari 2005 oleh  Michael Birch dan Xorchi Birch. Tidak berbeda jauh dengan situs jejaring sosial lainnya, yang berbeda adalah adanya timeline saat kita me-update status. Saat ini kita tidak perlu repot untuk mendaftar menjadi pengguna Bebo, kita bisa mendaftar dengan mempunyai akun AIM.





5. Foursquare
Jejaring sosial yang ditemukan tanggal 11 Maret 2009 oleh Denis Crowley ini diperuntukkan untuk pengguna ponsel. Untuk pemilik IPhone, Android, webOS, Windows Phone 7, dan Blackberry  ada aplikasi khusus untuk dapat mengakses Foursquare. Tak perlu khawatir untuk yang tidak memliki itu, kita dapat mengakses foursquare via wap browser. Situs jejaring sosial ini berbasis lokasi untuk ponsel yang memiliki fasilitas GPS dapat dengan mudah saat melakukan check-in (memasukan lokasi dimana kita berada saat itu), untuk yang tidak memiliki fasilitas GPS, kita dapat memasukkannya secara manual. Selain itu kita juga dapat membuat Shout yang bisa langsung dijadikan status di Facebook dan Twitter.

6. Friendfeed
Diluncurkan Oktober 2007, Friendfeed adalah media untuk update status kita, berbagi pada teman apa yang sedang kita lakukan, dan dapat mengkonsolidasikan pembaruan dari media sosial dan situs jaringan sosial, situs bookmarking sosial, blog dan update micro-blogging, serta jenis lain dari RSS / Atom feed. Kita dapat mengomentari semua pembaruan yang ada.


 
7. hi5
hi5 diluncurkan tanggal 27 Juni 2003 oleh Ramu Yalamanchi. Hampir sama dengan situs jejaring sosial. Banyak sekali permainan-permainan yang dapat diakses melalui hi5. Selain itu kita dapat membuat avatar diri kita.

8. ICQ
ICQ lebih populer digunakan untuk IM (Instant Messaging) program komputer, tapi kita dapat mengubah profil kita layaknya Social Networking. Program IM pertama ICQ dibuat tahun 1996, sejak April 2010 ICQ dibawah kepemilikkan Rusia. ICQ dapat berintegrasi dengan Facebook.
9. Jpopasia
Situs musik ini berisi daftar lagu-lagu Jepang, Korea, dan Mandarin yang populer. Kita bisa melihat chart, video, lirik, komentar, menjadi fan, dan tentu saja kita bisa berteman dengan pengguna yang terdaftar. Layanan jejaring sosialnya memang tak selelengkap situs pertemanan lain, tapi di sini kita bisa saling berbagi antarteman melalu pesan atau masuk ke room chatting.
10. MillatFacebook
MillatFacebook dibuat oleh pemuda Pakistan bernama Usman Zaheer. Situs jejaring sosial ini dibuat agar umat Islam di seluruh dunia dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Layanan yang diberikanpun tak jauh dengan Facebook.
11. MySpace
 MySpace adalah jejaring sosial yang menawarkan fasilitas seperti jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik, dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. MySpace diluncurkan pada bulan Agustus 2003.
12. Plurk
 Plurk merupakan situs jejaring sosial dengan konsep mikroblogging. Kita dapat berbagi apapun melalui 160 karakter dan disajikan dalam bentuk timeline yang disebut Plurk. Keaktifan kita di Plurk dapat dilihat dari Karma. Karma adalah poin keaktifan kita. Karma bisa meningkat jika kita sering update Plurk (tidak lebih dari 30 dalam sehari), update profil, terdapat komentar dalam plurk kita, mengomentari plurk orang lain, dan lainnya. Plurk juga dapat mengubah status Facebook dan Twitter dalam sekali plurk. Update Plurk dapat dilakukan melalui IM Yahoo Messenger dan Google Talk.
13. Twitter
Twitter adalah layanan mikroblogging yang populer di seluruh dunia. Kita dapat berbagi apapun dalam 140 karakter yang disebut tweets. Kita bisa tahu pembaruan orang-orang yang kita ikuti (following) dan kita bisa berbagi pada orang yang mengikuti kita (followers). Fasilitas yang diberikan cukup sedikit dan tidak membingungkan penggunanya. Twitter juga banyak terkoneksi dengan situs-situs lain, jadi kita melakukan Tweets dimanapun.

Dari sekian banyak situs jejaring sosial gunakanlah yang menurut kamu penting. Silakan mendaftar di semua situs jejaring sosial, asalkan patuhi tata tertib yang berlaku.

2 comments:

  1. saya hanya memakai 3 jejaring sosial
    1. Friendster (sudah saya tinggalkan)
    2. Plurk
    3. Facebook

    ReplyDelete
  2. Ok. Aku juga ingin mecoba meninggalkan friendster, tapi sayang akunnya tidak bisa dihapus. Takutnya ada yang menggunakan data profil aku seenaknya. Jadi harus di cek meskipun ga ada pengguna friendster yan aktif saat ini.. hhe

    ReplyDelete

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP