Loading...
Sunday, July 11, 2010

Kita Ini Satu Bangsa, Bangsa Indonesia

Ini merupaka luapan emosi saya pada teman sekelas saya yang selalu membeda-bedakan tiap daerah di indonesia. Ia merasa kalau kota besar itu lebih berpendidikan. Tapi anggapan itu salah besar! Buktinya orang pedalaman bisa jauh lebih cerdas dibanding orang yang tinggal di kota. Satu hal yang membedakan adalah kemauan dan usahanya.

Tak perlu aku sebutkan daerah mana yang temanku hina. Awalnya guruku bercerita kalau siswa daerah itu banyak yang tidak lulus ujian nasional. Sontak semua anak-anak kelas menertawakannya. Hanya satu siswi yang tidak tertawa dan membela daerah itu. Ya,  siswi itu memang berasal dari daerah tersebut.

Aku sendiri cukup kesal dengan tingkah anak-anak. Aku pun bergumam keras dan mengatakan bahwa kelulusan itu bukan ditentukan oleh letak daerah. Kita sebagai warga yang tinggal di negara kesatuan seharusnya bisa mengerti tentang keanekaragaman daerah yang ada di indonesia. Ada orang yang tinggal di kota besar adapula yang tinggal di pedalaman. Seharusnya kita harus saling melengkapi. Orang yang tinggal di kota besar bisa memberi tahu kemajuan teknologi pada orang yang tinggal di desa, sebaliknya orang yang tinggal di desa bisa memberi tahu suasana indah dan kehidupan di desa.  jadi intinya, janganlah merendahkan orang lain berdasarkan hal-hal yang tidak penting karena kita semua itu sama!

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP