Loading...
Thursday, July 22, 2010

IM (Instant Messaging)


Kehadiran situs jejaring sosial tidak kalah populer dengan hadirnya IM atau Instant Messaging. Instant Messaging adalah layanan komunikasi antardua orang atau lebih, berupa teks yang diketik. Berkomunikasi seperti itu biasa disebut chatting.

Banyak sekali layanan di Internet yang menawarkan fasilitas IM. Kita dapat mendaftar terlebih dahulu untuk dapat menikmati fasilitas ini. Dibawah ini ada beberapa fasilitas IM.

 1. Yahoo Messenger
Yahoo Messenger dirilis tanggal 3 Maret 1998, merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh Yahoo. Popularitasnya meningkat tahun 2008-2009 di Indonesia. Aplikasi desktopnya dapat diunduh secara gratis.






2. AIM (AOL Instant Messenger)
AIM merupakan fasilitas Instant Messaging yang diberikan oleh AOL (America Online). Dirilis bulan Mei tahun 1997. Tidak berbeda jauh dengan IM yang lainnya.

 3. Google Talk
Google Talk adalah IM yang berasal dari produk Google. Dirilis tanggal 24 Agustus 2005. Kita berhak mendapatkan fasilitas Google Talk bila kita mendaftarkan diri sebagai pengguna surat elektronik dari Google.

4. ICQ
ICQ dirilis November 1995. Fasilitas yang diberikan hampir sama, ada yang membedakan yaitu saat login. IM yang lain menggunakan username bebas, terserah pengguna menggunakan karakter apapun sedangkan ICQ wajib menggunakan angka. Saat mendaftar kita akan diberi nomor yang sudah ditentukan oleh sistim. Nomor itu disebut ICQ number. Saat login kita harus memasukkan ICQ number yang fungsinya sama seperti username dan juga password.




IM bisa digunakan bila kita menggunakan aplikasinya. Aplikasiya bisa diunduh di website masing-masing penyedia layanan. Tapi alangkah repotnya bila kita harus mengunduh dan menginstall satu-satu program IM. Kita bisa menggunakan program yang multinetwork messenger, dengan itu kita bisa mengaktifkan IM kita dengan satu aplikasi.

 1. Meebo
Meebo diluncurkan September 2005. Meebo bukan berupa aplikasi melainkan situs internet. Setelah membuka situs meebo kita bisa langsung mengaktifkan IM kita di kolom yang telah disediakan. Kita bisa memasukkan IM Windows Live Messenger, Yahoo Mesenger, Google Talk, ICQ, AIM, Jabber, Myyearbook, Facebook Chat, Jabber, dan MySpace IM. Sebaiknya kita mendaftarkan dulu di meebo supaya ita tak perlu repot-repot lagi memasukkan satu-satu IM kita.

2. eBuddy
eBuddy adalah layanan multinetwork messenger via ponsel. Kita dapat mengunduh aplikasinya berupa java di situsnya secara gratis. Sebelum menggunakannya pastikan kalau ponsel kita bisa memasang aplikasi. Setelah aplikasi terpasang kita harus memiliki ID eBuddy, setelah itu kita bisa memasukkan IM kita di menu pengaturan.
eBuddy juga bisa diakses lewat web. Kita hanya perlu membuka www.ebuddy.com setelah itu login. Jika login berhasil maka akan terbuka jendela baru.
3. Digsby
Digsby dirilis tanggal 5 Februari 2008. Digsby adalah layanan multinetwork messenger berupa software desktop. Kita bisa unduh aplikasinya dengan membuka situs digsby yaitu www.digsby.com.
Bukan hanya IM yang bisa diakses di Digsby, social networking, dan surat elektronik juga bisa. IM yang bisa diakses antara lain Yahoo Messenger, Windows Live Messenger, ICQ, AIM, Google Talk/ Jabber, LiveJurnal's IM, Facebook Chat, dan MySpace IM. Social Networking yang bisa diakses antara lain Facebook, MySpace, Twitter, dan LinkedIn. Surat Elektronik yang bisa diakses antara lain Yahoo Mail, HotMail, Google mail, dan AOL mail.

2 comments:

  1. AOL, YM, e-buddy, Gtalk, Nimbuzz, Mxit, Mini Friday, Bing, mig33
    ane pernah main/nyoba gan :D

    ReplyDelete
  2. wah banyak juga. itu semua aktif ga?
    aku aja AIM ga keurus, soalnya ga ada temennya. hha

    ReplyDelete

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP