Loading...
Sunday, July 11, 2010

Hemat Listrik Yuk!


Hemat Listrik Yuk!


Zaman dan teknologi yang semakin berkembang membuat banyak industri di berbagai dunia membuat berbagai macam peralatan elektronik yang berguna bagi kita. Mulai dari alat bantu kerja samapai alat penghibur. Sungguh menyenangkan menggunakm banyak alat elektronik apalagi sebagai alat penghibur seperti televisi, radio, mp3 player, computer, DVD player, computer, laptop handphone, dll.

Pernah saya mendengar salah satu orang berbicara sambil berandai-andai. "Di kamarku ingin ada computer, speaker, cd-writer, cd-rom, pokoknya ingin lengkap!". Saya berpikir dan sedikit emosi. Apakah kalian berpikir alat elektronik tersebut jalan dengan sendirinya? Tentu saja tidak! Semua itu perlu energi, kita aja untuk dapat bergerak harus mempunyai energi dengan makan terlebih dahulu. Nah, alat-alat elektronik tersebut membutuhkan energi yang berasal dari lubang yang ada di dinding. Itu bukan keluar dengan sendirinya, tapi dari PLN yang disalurkan ke rumah-rumah.

Perlu kita ketahui, bahwa sistem listrik yang ada di Indonesia itu berasal dari bahan baker fosil dan tenaga air tapi kebanyakan menggunakan nahan nakar fosil. Jika bahan bakar fosil habis, maka segala kebutuhan kita akan sulit terpenuhi, dan bahan bakar fosil itu akan menghasilkan sisa dari reksi pembakaran yaitu CO2 dan gas rumah kaca lainnya.

Sebenarnya ada cara lain selain dari bahan bakar fosil, yaitu dengan PLTA, PLTN, PLTG, PLTSa, dan lain-lain. Tapi alat dan bahannya yang membuat Indonesia tidak mampu merealisasikannya.

Nah, untuk itu dari pada kita menunggu-nunggu pembangunan pembangkit listrik yang entah kapan jadinya. Lebih baik kita menghemat listrik dari sekarang. Pendapat saya sendiri sebagai anak Indonesia, cobalah kita menghemat listrik. Mulailah dari hal kecil, matikanlah lampu yang tidak digunakan, cabut charger jika tidak dihubungkan ke ponsel, kurangilah mendengarkan musik lewat computer, dan lain sebagainya. Karena sikap kita tersebut akan membantu alam, PLN, dan juga orang tua dalam membayar listrik setiap bulannya. Dengan menghemat pengeluaran pun akan menjadi lebih sedikit, mungkin kita juga bisa diberikan sesuatu oleh orang tua kita. Tapi ingat kalau meminta sesuatu terutama barang elektronik, pilihlah barang yang menggunakan sistem charge. Karena lebih menghemat energi dibandingkan dengan barang yang harus nyolokin ke dinding.

So, hematlah dalam penggunaan listrik. Karena kita sendiri yang akan merasakan manfaat dan akibatnya.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP