Loading...
Sunday, July 11, 2010

Haliah Teu Dugi

Haliah Teu Dugi adalah salah satu judul film yang saya buat bersama teman-teman. Ide cerita sama dengan Magic Ring. Namun ada beberapa perbedaa, perbedaannya di Haliah Teu Dugi ini, jalan cerita, peralatan, lokasi, dan lain sebagainya dipermudah agar tak memakan banyak biaya. Sebenarnya jalan ceritanya hampir sama.

Haliah Teu Dugi ini merupakan buah karya XII IPA 1 demi memenuhi tugas praktek Bahasa Sunda. Guru kami memberikan tugas untuk membuat film dengan menggunakan Bahasa Sunda. Alhasil jadilah film ini. Meskipun masih amatiran tapi kami berusaha sekuat tenaga untuk membuatnya dan kami pun cukup senang dengan nilai yang bertengger di rapot kami.

Pembuatan ide cerita sangat sulit, mengapa? Karena banyak ide yang muncul dari anak-anak. Namun saat akan dilakukan voting mereka malah bilang terserah. Ya, sudah lalu kami membentuk suatu tim yang terdiri dari sepuluh orang, tim ini dinamakan tim pembuat cerita. Ide cerita berawal dari beberapa kata, yaitu Perjuangan, Sejarah, Bandung, dan Gaib. Seperti yang saya sebutkan di awal bahwa ide awal itu cerita Magic Ring, namun kami ubah menjadi lebih simpel.

Banyak sekali masalah yang ditimbulkan saat membuat film ini. Sempat membuat saya down sih, tapi berkat dukungan teman-teman yang mau mendukung akhrnya film ini berhasil selesai dengan hasil yang begitu buruk. Tapi saya sangat berterima kasih kepada Bapak Nandan Kusumanagiri yang mau menuliskan angka 90 pada rapot saya dan teman-teman semua.

Buat kelas IPA 1 yang mau nonton sok. Gampang kok, gini caranya:
1. Klik link 'download' di bawah
2. Akan terbuka tab baru
3. Klik download/ unduh
4. Tunggu sekitar 10 detik, setelah itu akan muncul tulisan 'Klik here to download file'/'Klik di sini untuk mengunduh file'
5. Tunggu sampai file benar-benar terdownload
6. File dalam bentuk zip, extrack file dulu nanti masukkan password
7. Password akan diberikan bila kamu sudah mengirimkan e-mail via Yahoo atau Facebook
8. Selamat menikmati

+ download "Haliah Teu Dugi" +


SINOPSIS...
Ajeng adalah murid baru di sebuah sekolah. Dia mendapatkan perlakuan buruk dari teman sekelas yang baru, yaitu Angga. Anton yang merupakan sahabat Angga hanya bisa menuruti semua perintah Angga. Astri juga merupakan teman sekelas mereka, berbeda dengan Angga, Astri lebih baik dan mau menerima Ajeng. Suatu saat Pak Mulya guru sejarah mereka memerintahkan untuk mencari sejarah tentang kota Bandung. Dalam hal apapun. Ajeng, Angga, Anton, dan Astri disatukan dalam satu kelompok. Angga sedikit membenci murid baru, ia pun terpaksa berkelompok dengan Ajeng.

Tak disangka, ternyata Ajeng adalah anak orang kaya. Saat mereka bekerja kelompok di perpustakaannya banyak sekali buku-buku bagus di sana. Saat mereka mencari buku sejarah tentang Kota Bandung Angga dan Anton menemukan sebuah buku aneh yang sudah tua. Saat membuka buku itu ternyata terdapat gelang yang aneh. Mereka pun menggunakan gelang itu. Tiba-tiba kakeknya Ajeng datang dan langsung memarahi mereka karena membuka buku itu. Kakek pun mengatakan bahwa orang yang berurusan dan menggunakan sesuatu dari buku itu akan menerima ganjarannya. Mereka pun mulai ketakutan dengan cerita kakek, namun saat mereka hendak melepas gelang itu ternyata gelang itu terikat dengan kuat dan tak bisa lepas.

Mereka mencoba menerjemahkan isi buku itu yang menggunakan huruf Kaganga (Tulisan Sunda zaman dulu). Mereka pun mendapatkan hal baru. Setelah mencoba-coba ternyata dari buku itu bisa membuat suatu lubang. Mereka pun masuk ke dalam lubang itu dan ternyata mereka masuk ke dalam masa lalu. Di sana mereka bertemu dengan seorang putri jendral yang memerintah pada zamannya. Mereka semua bersahabat dan akhirnya muncul perasaan cinta pada mereka. Tapi ternyata, sang putri jendral sudah dijodohkan dengan orang lain, mulai saat itulah Angga yang mencintai putri jendral berusaha membalas dendam pada jendral yang tidak menyetujui hubungan Angga dengan putrinya.

Balas dendam yang dilakukan Angga adalah mencuri harta karun jendral. Tak sengaja Angga mendengar Jendral membicarakan tentang harta karunnya kepada anak buahnya. Angga berusaha mencuri peta harta karun dengan membunuh anak buahnya. Angga memengaruhi ketiga temannya untuk mencari harta karun bersamanya tanpa bilang kalau peta harta karun itu hasil mencuri.

Di tengah perjalanan mencari harta karun Ajeng tersesat saat memberi tanda pada jalan yang telah dilaluinya. Di tempat lain niat jahat Angga keluar, dia berusaha menguasai harta itu sendiri dan membunuh Astri dan Anton. Namun belum dia mendapatkan harta karun, Angga ditangkap oleh para prajurit suruhan Jendral dan Angga dihukum mati.

Ajeng yang berhasil lolos dari hutan langsung menuju rumah jendral, namun dia tak sanggup melihat saat Angga dipenggal. Dia pun berteriak dan berlari. Tapi sayang teriakkannya membuat Jendral menyuruh prajuritnya untuk mengejarnya. Ajeng tertangkap dan dijadikan pelampiasan nafsu sang Jendral.

4 comments:

  1. Kayaknya filmnya bagus kok (dari sinopsisnya, keknya seru) tapi kenapa nggak bisa di donlod ini? Bolehkah saya juga menonton hasil karya kalian? Bolehkah minta link donlodnya? *memelas*

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas kunjungannya.
    masa sih? hha. kalo videonya mungkin ga bagus2 amat, hanya bermodal kamera hp dan peralatan sederhana yang dipakasakan.. hhe

    filenya belum saya upload. komputer saya keburu rusak, alhasil filenya ketinggalan disana.. hhe
    maaf ya.

    ReplyDelete
  3. jeh? kagak ada pideona? sebenarnya gw penasaran sama pilem2 amatir. Maksud gw, yang dibikin sama anak-anak kreatip bukan prod.house. Kalo masih ada arsip dan bisa diupload, kabarin saya yah. Atau post aja di yutub trus kabarin linknya.

    ReplyDelete
  4. ntar kalo komputernya dah bner lagi diupload deh.. siip siip. pasti dikabarin

    ReplyDelete

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP