Loading...
Sunday, April 18, 2010

Pemahaman yang Salah tentang Penggunaan Plastik

"Jangan menjilid menggunakan mika karena dapat merusak lingkungan!"

Gara-gara peringatan tersebut dari salah seorang guru Pendidikan Lingkungan Hidup membuat saya bertanya-tanya, apa pengaruh penggunaan mika untuk menjilid dengan merusak lingkungan?



Tolong perhatikan pendapat saya ini, mohon koreksi bila salah

Penggunaan mika (plastik) untuk menjilid tidak akan merusak lingkungan. Malahan kita membantu lingkungan dengan tidak menjadikannya sebagai sampah.



Seperti yang kita ketahui bahwa plastik itu benda yang sulit terurai. Karena sulit terurai maka plastik digunakan sebagai bahan pelindung seperti mika untuk melindungi buku, pipa untuk melindungi fluida yang mengalir di dalamnya, isolator untuk melindungi konduktor pada kabel listrik dan masih banyak lagi.



Hal yang dapat membahayakan lingkungan adalah jika kita membuang plastik sembarangan. Jika plastik tertimbun dalam tanah dapat mengganggu penyerapan air, jika plastik tersangkut dalam pintu air maka akan terjadi banjir, hal-hal seperti itulah yang akan terjadi bila kita membuangnya sembarangan.



Maka dari itu, plastik lebih sering menjadi bahan daur ulang untuk dapat digunakan kembali (reuse) menjadi barang yang lebih berguna.

Jika masih berpikiran kalau kita menggunakan plastik mika sebagai jilid dapat menyebabkan kerusakan lingkungan itu tidak masuk akal. Misalnya seluruh dunia tidak menggunakan plastik mika tapi pabrik yang terlanjur memproduksinya tetap saja menjadi masalah bukan? malahan dapat menyebabkan masalah yang lebih besar. Kalau mau menghentikan produksi plastik langsung saja hentikan produsennya. Menurut saya menggunakan plastik mika sebagai jilid merupakan salah satu cara pemnfaatan barang plastik agar tidak cepat menjadi sampah. Selain itu keuntungannya adalah kertas tak mudah kotor, dan terlihat rapi.



Pesan saya, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa yang namanya plastik itu merupakan pencemar lingkungan. Jika kita dapat memanfaatkannya tentu itu akan sangat membantu lingkungan untuk tetap terjaga.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP