Loading...
Thursday, January 7, 2010

Penelitian sederhana dan sukses!

Berhubang saya dan rekan saya mau mengikuti lomba karya tulis ilmiah, kami harus melakukan suatu penelitian supaya hasil penelitiannya benar-benar bagus.

Sedikit kendala sih.
1. NGARET! hal inilah kebiasaan yang kami dan guru kami lakukan kalau ada kegiatan yang tidak formal. hha
2. Bahan yang diteliti belum disiapkan. Dulu kami pernah mengumpulkan air untuk diteliti tapi aku buang soalnya waktu ingin diteliti di tempatnya ternyata harus bayar, padahal saat itu aku enggak bawa uang seperserpun. Jadinya harus disiapkan kembali.
3. Laboratorium dikunci. Harus cari dulu Mang Ade yaitu penjaga sekolah yang memegang kunci. Ternyata Mang Ade pergi ke Garut dan harus mencari Pak Taryat.
3. Susahnya nyari zat kimia di Lab yang banyak banget. Gila! Nyari satu zat aja susahnya minta ampun, satu rak itu banyak banget jadi harus diturunin satu-satu.

Setelah berbagai kendala diselesaikan, kami pun mulai melakukan penelitian. Bu Neneng guru pembimbing kima kami pun memberikan instruksi dengan baik. Sampel sedikit demi sedikit kami masukkan ke dalam tabung reaksi. Lalu ditetesi oleh zat yang telah kami cari.

[caption id="attachment_424" align="aligncenter" width="300" caption="penelitian nih!"]penelitian nih![/caption]

Nah, setelah itu kami mengecek tingkat keasamannya (pH). Dan akhirnya kami harus membereskan laboratorium dengan mencuci semua alat, menyimpan zat-zat kimia, dan membersihkan meja yang kotor.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP