Loading...
Thursday, January 7, 2010

Cinta Lingkungan Itu Enggak Susah Kok!

Cinta Lingkungan Itu Enggak Susah Kok!

Suatu saat aku pernah memberitahukan seseorang, yaitu
1. Kalau siang lampu matiin aja, lebar listrik.
2. Lebih baik pakai laptop daripada komputer karena laptop itu lebih hemat energi.
3. Sampah itu lebih baik dipilah, sampah organiknyalebih baik bikin tong sendiri karena ada cara supaya bisa jadi kompos.
4. Dalam setiap rumah harus ada tujuh pot untuk satu orang
5. Dan masih banyak lagi.

Tapi apa sih tanggapan dari mereka?
"Ngapain kita harus ngelakuin itu? Nyusahin hidup aja!"

Aku pun berkhotbah...
"Hal-hal yang tadi aku sebutkan adalah beberapa cara untuk menunjukkan rasa sayang kita terhadap lingkungan, bumi tempat kita hidup! Kalau kita tidak sayangterhadap lingkungan maka lingkungan pu tidak akan sayang pada kita. Cinta lingkungan itu enggak susah kok! Kita cuma melakukan hal-hal itu! Coba saja kita lakukan dari hal yang paling kecil pasti kita akan mendapatkan manfaatnya. Manfaat itulah yang diberikan lingkungan karena kecintaan kita. Mungkin saat ini kita belum merasakan kemarahan lingkungan tapi suatu saat nanti? Maka sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi maka kita bisa mencegahnya dengan mencintai lingkungan. Sekian"

7 comments:

  1. Cinta Lingkungan Itu Enggak Susah Kok! tapi diperlukan kesadaran, dan cara menumbuhan kesadaran pada setiap orang itu berbeda. Salah satu cara adalah hiking ke pegunungan cagar alam dan rasakan bedanya dengan tempat kita tinggal yang terasa panas, sumpek, kotor, dan kurangnya penghijauan. Dari situ biasanya muncul bibit keperdulian terhadap lingkungan hidup di dalam diri kita...

    ReplyDelete
  2. iya bener. Menumbuhkan kesadaran setiap orang itu susah. Kita harus bisa sabar juga.

    Mungkin itu adalah cara yang bagus dan perlu kita coba. Alam yang memberikan kenikmatan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Salah satu cara adalah hiking? Hm patut dicoba memang, tapi setahu saya klo mau masuk cagar alam itu ada aturan yang berlaku, jadi nggak bisa masuk seenaknya. Setidaknya harus punya Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi atau yang kita kenal dengan sebutan simaksi yang menjelaskan tentang apa keperluan kita disana.
    Selain itu juga ada 7 prinsip yang harus kita patuhi pada saat berkegiatan alam atau yang biasa kita kenal dengan istilah Leave no Trace yang berisi tata cara dan aturan untuk berkegiatan alam terbuka agar ramah terhadap lingkungan.
    Pada perkembangannya, manusia menilai alam sebagai objek untuk dinikmati (berwisata) dan melupakan nilai dasar dari alam yaitu memenuhi kebutuhan hidup manusia. Padahal tidak ada satupun kebutuhan manusia yang tidak bersumber pada alam.
    Bersinggungan langsung dengan alamnya mungkin adalah cara yang tepat untuk menyadarkan kepedulian seseorang, dan itu juga harus didukung dengan wadah agar semangat peduli itu tidak hanya diemban oleh diri sendiri -adanya komunitas lingkungan yang tentunya bisa memberi semangat lebih-.
    Atau klo mau, cobalah berdiri selama 6 jam di gunung sampah -tempat pembuangan akhir-, rasakan dan bayangkan kenikmatan yang lebih baik dibandingkan itu semua.

    ReplyDelete
  4. Pada perkembangannya, manusia menilai alam sebagai objek untuk dinikmati (berwisata) dan melupakan nilai dasar dari alam yaitu memenuhi kebutuhan hidup manusia. Padahal tidak ada satupun kebutuhan manusia yang tidak bersumber pada alam.
    Bersinggungan langsung dengan alamnya mungkin adalah cara yang tepat untuk menyadarkan kepedulian seseorang, dan itu juga harus didukung dengan wadah agar semangat peduli itu tidak hanya diemban oleh diri sendiri -adanya komunitas lingkungan yang tentunya bisa memberi semangat lebih-.
    Atau klo mau, cobalah berdiri selama 6 jam di gunung sampah -tempat pembuangan akhir-, rasakan dan bayangkan kenikmatan yang lebih baik dibandingkan itu semua.
    Klo berkegiatan di alam jangan lupa untuk mengamalkan ke 7 prinsip leave no trace. That's important!!

    ReplyDelete
  5. Wew, sampe dobel gitu komen-nya. Kirain salah kirim.

    ReplyDelete

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP