Loading...
Sunday, November 29, 2009

tentang merokok

Seperti yang kita ketahui tentang merokok, yaitu menghisap asap tembakau yang dibakar. Lalu, apa sih enaknya merokok? Sudah 17 tahun saya belum tahu bagaimana rasanya merokok. Maklum anak baik-baik. Hahaha… ^_^

Beberapa saat yang lalu, ketika saya hendak pergi ke toilet. Tiba-tiba dating sekelompok anak kelas XI yang merokok. Mereka berani merokok di lingkungan sekolah, padahal ada larangan merokok di li lingkungan sekolah, termasuk bapak dan ibu guru.

Rokok merupakan hasil jual tertinggi di wilayah Indonesia. Sebagian besar orang Indonesia senang merokok. Banyak dari mereka yang berpendapat kalau merokok itu tanda kelelakian, tenda kegagahan dan keperkasaan, memperole rasa nikmat, impuls untuk berfantasi, dan lain0lain. Mungkin mereka memang benar, atau mereka benar-benar salah. Coba kita tengok, hal-hal apa saja yang dapat terjadi pada kita bila kita merokok. Sudah jelas di belakang bungkus rokok tertera tulisan “ Merokok dapat menyebabkan kanker, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”. Apakah para perokok percaya pada hal itu? Diantara mereka pasti ada yang berpendapat tidak, karena sebagian besar dari mereka belum merasakan hal-hal yang tertera pada belakang bungkus rokok.

Biasanya orang yang merokok adalah orang dewasa alias orang tua, namus sekarang berubah. Merokok dikalangan remaja, utamanya siswa SMA yang sudah menjadi trend diantara mereka. Entah dari mana asal trend tersebut, tapi kita bias menjawabnya, pasti dari pergaulan. Pergaulan adalah cara terbaik untuk memasukkan budaya-budaya baru yang masuk ke dalam diri kita. Nah, yang saya ingin tanyakan adalah:


  1. Apa sih yang mereka dapatkan dari merokok?
  2. Apa sih keuntungan dari merokok?
  3. Sejak kapan mereka merokok?
  4. Mengapa bisa menjadi peokok?

Dari ilmu yang pernah saya dapatkan bahwa merokok itu mengakibatkan hal-hal negatif seperti, ketagihan, rusaknya paru-paru terutama bagian alveolus, peredaran darah, jantung, sistem otak, dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP