Loading...
Friday, November 27, 2009

Final LKTI dan jalan-jalan

Final LKTI dan jalan-jalan

(Festival Antariksa 2009)


Bandung,, Lembaga Penerbangan dan antariksa Nasional menyelenggarakan sebuah acara yaitu, “Festival Antariksa 2009” bertepatan dengan Tahun Astronomi Internasional. Dalam acara ini berisi berbagai macam hal yang berhubungan dengan keantariksaan, seminar, lomba-lomba, dan pameran buku-buku.

Salah satu perlombaan yang diselenggarakan oleh LAPAN adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah tentang keantariksaan. Perlombaan ini diikuti oleh sekitar 55 peserta perwakilan dari sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Sabtu, 21 November 2009 adalah final dari LKTI tersebut. Lima peserta dari SMA yang ada di Indonesia yaitu dari SMA Negeri SumSel, Palembang (Fina Herlina Sari, Faradhina Astri Nabilla, Muthia Sthiva Nuliati), SMA Plus Negeri 17 Palembang (M. Ali Setia Pratama, Aisyah Fatriani, Satria Marrantiza), SMA Negeri 1 Cisarua, Bandung (Aan Andrian, Nurcholis, Ridha Anshari Jiwa), SMA Negeri 13 Bandung (Diva Teguh Respati, Efa Khafifa Hidayat), dan SMA Negeri 54 Jakarta (Adli Rahmat Renhoran). Dalam babak final ini juara I berhasil diraih SMA Negeri 54 Jakarta.

Untuk para peserta LKTI yang berhasil memasuki babak final diajak oleh LAPAN untuk jalan-jalan ke Pusat Penelitan Dirgantara di Tanjungsari, Sumedang dan Observatorium Bosccha, Lembang.

Stasiun Pengamat Dirgantara Tanjungsari, merupakan tempat penelitian milik LAPAN guna meneliti matahari, kondisi magnet bumi, kondisi ionosfer, iklim dan lain-lain. Dari tempat inilah para peneliti berkumpul untuk meneliti segala sesuatu di antariksa.

Seperti yang kita ketahui, observatorium Bosccha adalah tempat yang memiliki teleskop Zeiss ukuran raksasa. Teleskop ini bisa digunakan untuk melihat benda-benda langit yang cukup jauh, seperti bintang, planet, bahkan galaksi. Selain teleskop Zeiss yang menjadi ciri utama kawasan milik ITB itu juga memiliki berbagai teleskop lain.

0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP