Loading...
Tuesday, September 22, 2009

Secuil tentang ozon

image002

Ozon



Ozon merupakan molekul triatomik yang terdiri dari 3 unsur Oksigen (O3). Di atmosfer ozon berada di lapisan stratosfer sebanyak 90% dan sisanya di lapisan troposfer. Ozon yang ada di lapisan stratosfer atau disebut juga lapisan ozon sangat penting, karena berfungsi menahan sinar ultra violet yang dipancarkan oleh matahari. UV B yang sangat berbahaya bagi manusia disaring lapisan ozon sehingga intensitasnya tidak terlalu besar ketika masuk ke bumi. Ozon yang berada di lapisan troposfer biasa disebut dengan ozon permukaan. Kebalikan dengan yang berada di stratosfer ozon ini sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, karena merupakan pencemar sekunderyang terbentuk akibat reaksi antara NOx (Nitrogen Oksida) dan hidrokarbon dengan pemanasan sinar matahari.



Penyebab Penipisan Lapisan Ozon



Penyebab penipisan lapisan ozon yaitu BPO (Bahan Perusak Ozon). CFC (Chloroflurocarbon) adalah salah satu bahan yang dapat menipiskan lapisan ozon. CFC yang dilepaskan oleh barang-barang seperti kulkas, AC, aerosol, dan lain-lain menuju ke lapisan atmosfer. Dalam perjalanannya ke lapisan atmosfer, CFC yang terkena sinar matahari pecah menghasilkan atom Klor. Atom klor dapat bereaksi dengan O3 dan memecahkan molekul O3. Satu atom Klor dapat memecahkan 10.000 molekul O3. Dapat dilihat pada gambar.



Satu atom Klor dapat sampai ke lapisan stratosfer pada waktu 5 tahun. Proses penipisan ozon akan berlangsung secara terus menerus.





0 comments:

Post a Comment

curat-coret di sini...

wibiya widget

BlogUpp!

 
TOP